Home » » Mendoan Purbalingga

Mendoan Purbalingga

Bahan dasar untuk membuat mendoan adalah tempe dari bahan kedelai yang telah difermentasikan. Sebelum kita masuk pada pembuatan mendoan alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana proses pembuatan dari kedelai menjadi tempe hasil fermentasi yang siap diolah menjadi mendoan.

Di desa Babakan Kabupaten Purbalingga terdapat banyak tempat yang mengolah kedelai untuk dijadikan menjadi tempe, baik itu tempe mendo ataupun tempe untuk diolah menjadi keripik. Salah satunya adalah di rumah ibu Tursini Rt 14 Rw 04 Desa Babakan yang setiap harinya mengolah kedelai menjadi tempe yang dapat diolah kembali menjadi keripik ataupun mendoan.

Pertama-tama adalah menyiapkan kedelai. Biasanya setiap harinya di tempat ini mengolah kedelai sebanyak 10 kg dan akan menjadi 700 bungkus tempe siap diolah. Setelah dibersihkan kedelai direbus dengan air selama 30 menit. Setelah itu kedelai diinjak injak dengan kaki agar kulitnya terkelupas. Kemudian direndam selama satu malam. Setelah satu malam kemudian di kukus selama satu jam, setelah diangkat dan setengah dingin dicampur dengan ragi. Ragi adalah bahan yang digunakan agar terjadi proses fermentasi pada kedelai. Untuk 10 kg kedelai dapat dicampur ragi sebanyak kurang lebih 2 ons.
Setelah dicampur dengan ragi kemudian kedelai dibungkus menggunakan daun pisang sesuai dengan takaran yang telah ditentukan dan biarkan selama satu malam.

Cara Membuat Mendoan
Bahan:

500 gr tempe khusus tempe menodan
200 gr tepung terigu
350 ml air
garam secukupnya
2 batang bawang daun, iris tipis
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 sdt ketumbar
1 cm kencur

Cara membuat
1. Campur tepung dengan bumbu halus, air, dan bawang daun, aduk
2. Siapkan minyak dengan api sedang
3. Celup tempe pada tepung, goreng kekuningan, sesekali dibalik
4. Angkat, tiriskan, sajikan hangat
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. X-Clawing - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger